Jumat, 27 September 2013

PERKUMPULAN MASYARAKAT PEDULI KALI NGREKSO LEPEN MANGKU KEPRABON


Ngrekso Lepen Mangku Keprabon is a community care program which substantially makes an effort in alleviating poverty issues along Kali Pepe river banks with its all dynamic activities through the concept of empowering the river bank community and the other local developers in what is called  "independent movement on poverty alleviation at river banks  and sustainable development" which has the base on the cultural values and universal principals.


GARIS BESAR
PROGRAM PEMBELAJARAN DASAR 
PERKUMPULAN MASYARAKAT PEDULI KALI
NGREKSO LEPEN MANGKU KEPRABON


Pendahuluan
Kegiatan bagi anggota KELOMPOK MASYARAKAT NGREKSO LEPEN MANGKU KEPRABON KELURAHAN pada dasarnya adalah kombinasi antara pengetahuan dan penyadaran kritis yang dilandasi kesukarelawanan. Kegiatan KELOMPOK MASYARAKAT NGREKSO LEPEN MANGKU KEPRABON KELURAHAN merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan di tingkat kelurahan yang sangat penting dan strategis bagi Anggota KELOMPOK MASYARAKAT NGREKSO LEPEN MANGKU KEPRABON KELURAHAN yang akan melaksanakan tugas pengabdiannya.

Tujuan :
1.    Tercapai kesamaan pandang antar anggota KELOMPOK MASYARAKAT NGREKSO LEPEN MANGKU KEPRABON KELURAHAN terhadap permasalahan kemiskinan tentang hidupp bersih dan sehat di sepanjang bantaran kali dengan paradigma nilai – nilai kemanusiaan yang produktif.
2. Tercapainya kesamaan pandang antar anggota KELOMPOK MASYARAKAT NGREKSO LEPEN MANGKU KEPRABON KELURAHAN terhadap upaya penataan lingkungan kali/sungai supaya terlembaga kehidupan yang sehat dan bersih.
3. Terciptanya anggota KELOMPOK MASYARAKAT NGREKSO LEPEN MANGKU KEPRABON KELURAHAN yang memahami dan meyakini paradigma, pendekatan dan konsep serta mekanisme Ngrekso Lepen Mangku Keprabon sebagai alternatif jawaban terhadap persoalan kekumuhan dan permasalahan lingkungan yang tidak sehat.
4. Terciptanya anggota KELOMPOK MASYARAKAT NGREKSO LEPEN MANGKU KEPRABON KELURAHAN yang mempunyai motivasi keterlibatan dalam KELOMPOK MASYARAKAT NGREKSO LEPEN MANGKU KEPRABON KELURAHAN sebagai wujud tanggungjawab sebagai manusia, bukan sebagai lahan pekerjaan.
5.  Anggota KELOMPOK MASYARAKAT NGREKSO LEPEN MANGKU KEPRABON KELURAHAN memahami tugas, fungsi dan perannya dalam pentaan lingkunan yang bersih dan sehat dan diharapkan menjadi produktif.

Keluaran yang Diharapkan
a) Tersedianya anggota KELOMPOK MASYARAKAT NGREKSO LEPEN MANGKU KEPRABON KELURAHAN yang mempunyai kesadaran kritis terhadap masalah hidup bersih dan sehat kemudian dengan penanggulangannya.
b) Tersedianya anggota KELOMPOK MASYARAKAT NGREKSO LEPEN MANGKU KEPRABON KELURAHAN yang mempunyai kesadaran kritis untuk terlibat dalam penataan lingkungan yang bersih dan sehat berbasis masyarakat sebagai tanggungjawab sosial.
c) Tersedianya anggota KELOMPOK MASYARAKAT NGREKSO LEPEN MANGKU KEPRABON KELURAHAN yang memahami tugas dan fungsinya.

Sasaran Kelompok
Seluruh anggota KELOMPOK MASYARAKAT NGREKSO LEPEN MANGKU KEPRABON KELURAHAN yang sudah terpilih di lokasi sasaran Ngrekso Lepen Mangku Keprabon.

Metodologi
Untuk mencapai tujuan dan memberikan manfaat kepada para anggota seperti yang diharapkan, maka kegiatan ini akan menerapkan proses belajar mengajar orang dewasa dimana dalam seluruh proses belajar mengajar orang dewasa ini, para anggota turut berperan sebagai nara sumber untuk saling memperkaya pemahaman masing-masing dengan menggunakan pendekatan pendidikan kritis.


Pokok Bahasan
Keseluruhan pokok bahasan dalam kegiatan dasar ini disusun sedemikian rupa untuk dapat menjawab 8 pertanyaan mendasar sebagai berikut :
1.  Apa tantangan utama penataan hidup bersih dan sehat di sepanjang bantaran kali/sungai?
2.     Apa dan mengapa Ngrekso Lepen Mangku Keprabon?
3.     Apa dan bagaimana Pemberdayaan dalam Ngrekso Lepen Mangku Keprabon?
4.     Bagaimana Pendekatan Pembangunan dalam Ngrekso Lepen Mangku Keprabon?
5.    Apa dan siapa anggota Kelompok Masyarakat Ngrekso Lepen Mangku Keprabon Kelurahan?
6. Mengapa perlu Kelompok Masyarakat Ngrekso Lepen Mangku Keprabon Kelurahan dalam penataan kehiduoan yang bersih dan sehat?
7.  Bagaimana Perangkat organisasi Kelompok Masyarakat Ngrekso Lepen Mangku Keprabon Kelurahan?
8.  Bagaimana Kelompok Masyarakat Ngrekso Lepen Mangku Keprabon Kelurahan mengelola relawan nantinya? 

Beberapa aktifitas Forum Ngrekso Lepen Mangku Keprabon Kota Surakarta
Aktifitas Forum


Resik, Rejo dan Rejeki

Resik
Mengandung makna bahwa masyarakat bantaran kali/sungai musti memperhatikan dan mentaati :
1. UU Nomor 7 Tahun 2004 Tentang Sumber Daya Air
2. PP No 38 Tahun 2011 Tentang Sungai
    Di dalamnya terdapat pasal yang menjelaskan perihal Garis Sempadan Sungai.
3. Perda Nomor 3 Tahun 2010 Kota Surakarta Tentang Pengelolaan Sampah
    Dalam peraturan ini dijelaskan banyak hal berkenaan dengan penanganan sampah.

Menjadikan sungai (DAS Kali Pepe) ramah lingkungan sebagai langkah yang baik untuk antipasi penanganan bahaya banjir.

Rejo
Bila kawasan bantaran sungai atau daerah aliran sungai bersih dan sehat, akan mengundang banyak penikmat lingkungan yang asri. Para penikmat lingkungan asri, bersih dan sehat akan memanfaatkan kawasan itu sebagai rekreasi, olah raga, santai dan rilek, wahana belajar dst.

Rejeki
Setelah kawasan menjadi pusat kebutuhan penikmat lingkungan asri, bersih dan sehat akan tercipta/tumbuh dengan sendirinya pusat ekonomi baru. Aneka kuliner, wifi area, aneka hiburan dst akan menjadi daya tarik penikmat wisata dan mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar bantaran atau daerah aliran sungai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar