Rabu, 26 Juni 2013

VISI DAN MISI

Hari Sungai Nasional, 27 JULI 2013

Dasar Hukum :
1. Undang-undang Nomor 7 Tahun 2004 Tentang Sumber Daya Air.
2. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan 
    Lingkungan  Hidup secara konsisten dan konsekwen.
3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2011 Tentang Sungai.
4. Permen PU No. IIA/PRT/M/2006 Tentang Kriteria Dan Penetapan Wilayah Sungai.

 
Sungai merupakan ruang hidup siklus hidrologis dan sumber kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya yang memiliki pengaruh pada peradaban manusia dan bangsa. Sebagai sumber kehidupan dan titipan alam, sungai telah memberikan manfaat yang besar pada manusia baik secara ekologi, ekonomi, edukasi dan kehidupan sosial masyarakat. Namun, hari ini, sungai-sungai berada dalam kondisi sangat kritis dan memprihatinkan akibat dari salah urus dan kelola oleh negara. Hari ini sungai sudah rusak dan kritis akibat pencemaran limbah industri, rumah tangga dan sarana komersil lainnya, pendangkalan, penyempitan dan alih fungsi kawasan sekitar sungai. Sekarang, sungai menjadi tempat buangan sampah dan limbah industri. Penurunan fungsi dan kualitas ekosistem sungai kemudian menjadi ancaman bencana dan malapetaka bagi kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya.

 
VISI
Menjadikan Kali Pepe bersih, sehat, produktif, berbudaya dan berkarakter

MISI
Kali Pepe sebagai konservasi sumber daya air, sarana wisata air, sarana transportasi, sarana kawasan kuliner, wahana hiburan, wahana pendidikan dan olah raga, pengendali banjir.



PROFIL ORGANISASI

Nama Organisasi :
Perkumpulan Masyarakat Peduli Kali
Ngrekso Lepen Mangku Keprabon Kota Surakarta

Alamat :
Jalan Ambon 17 Keprabon RT 01 RW 04 Surakarta 57131

Telp / Fax :  
-

Seluler Phone :
0817 044 1110


Ketua Organisasi : 
ICB Eko Setyo Winanto, SE

Surat Keterangan Terdaftar Kesbangpol Kota Surakarta : 
No. 00-11-33/616/VIII/2013  Tanggal 26 Agustus 2013

Surat Rekomendasi Dinass Budaya & Pariwisata Kota Surakarta : 
No. 400/1097/PPK/VIII/2013  Tanggal 23 Agustus 2013

Surat Rekomendasi Badan Lingkungan Hidup Kota Surakarta :
No. 660.1/970/VIII/2013   Tgl. 20 Agustus 2013

NPWP : 
31.782.840.8-526.000

A/C Bank Jateng
BANK JATENG NO: 3-002-23480-6  atas nama NGREKSO LEPEN MANGKU KEPRABON

Blogspot : 
http://ngreksolepenmangkukeprabon.blogspot.com

Email :  
ngreksolepenmangkukeprabon@gmail.com 
         



BISNIS PLAN KALI PEPE SEBAGAI SARANA OBYEK WISATA AIR

I. Pendahuluan



1.    Latar belakang dan motivasi

Permasalahan banjir, tingkat kebersihan dan kesehatan, kwalitas hunian seolah menjadi permasalahan yang tak terselesaikan di kawasan sepanjang bantaran kali/sungai. Bagaimana kita membalik ancaman-ancaman tersebut kita jadikan kekuatan dan peluang produktif.



2.    Justifikasi pemilihan obyek wisata

Satu-satunya sungai yang membelah jantung kota Surakarta adalah kali Pepe, yang mana konon dahulu kala merupakan alat transportasi utama pemerintahan keraton pada saat itu. Kali Pepe menyimpan banyak kenangan, banyak momen yang bisa di hidupkan kembali mengenang tempoe doeloe. Arus dan aliran sungai/kali Pepe serta bantaran bila tertata dgn baik akan menjadi daya tarik tersendiri untuk menghidupkan pariwisata yang nantinya akan menjadi salah satu pusat ekonomi baru.



3.    Tujuan Usaha yang hendak dicapai

Meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat miskin di sepanjang bantaran Kali Pepe dengan tetap menjaga keseimbangan alam dan kebersihan lingkungan.



II.  Analisis Produk Wisata



1.    Jenis dan nama produk, karakteristik produk
       Kuliner, menampilkan aneka kuliner kas masing-masing wilayah kelurahan pada khususnya dan kota Solo pada umumnya. Baik disajikan di atas perahu maupun diatas bantaran kali. Hiburan, menampilkan sajian keroncong dan campur sari baik diatas perahu maupun bantaran. Transportasi, menyediakan jasa layanan transportasi secara wisata maupun reguler. Pendidikan dan olah raga, menyediakan jasa pendidikan berupa outbond, ruang publik dengan fasilitas wifi.



*) Konsep life time 24 jam. Event dan moment musim penghujan dan kemarau berbeda,


2.  Keunggulan produk dibanding dengan produk lain di pasaran

3.  Keterkaitan dengan produk lain termasuk perolehan bahan baku




III.  Analisis Pasar



1.  Profil penikmat wisata Kali Pepe

     Calon pelancong/penikmat wisata Kali Pepe Lokal, warga/masyarakat kota Solo yang mendambakan suasana kuliner, hiburan, pendidikan dan olah raga yang berbeda, maka di Kali Pepe menghadirkan semangat  nuansa alami, kesejukukan


2.    Potensi dan segmentasi pasar/wisata
3.    Pesaing dan peluang pasar/wisata

4.    Media promosi yang akan digunakan

5.    Target atau rencana event/moment  satu tahun

6.    Strategi pemasaran yang akan diterapkan


IV.  Analisis Aktifitas/Operasional



      1.     Penyiapan lapak, tenant, shelter untuk menjalankan aktifitas ekonomi dan hiburan

      2.     Suistanable lapak, tenant serta pusat-pusat hiburan

      3.     Proses operasional

      4.     Rencana event selama 1 tahun


V.  Analisis Keuangan



      1.     Investasi yang diperlukan (kebutuhan modal disertai perhitungannya)

      2.     Penentuan pembiayaan perlakuan pengadaan lapak dan tenant

      3.     Rencana Neraca awal dan Neraca Akhir Tahun

      4.     Rencana Laporan Laba/Rugi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar